Senin, 26 Desember 2016

AIR DALAM TUBUH KITA

Tahukah kamu, air memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita. Apa aja sih fungsinya?
1.      Pembentuk cairan tubuh
Cairan yang diperlukan tubuh kita macam – macam. Ada darah, cairan lambung, enzim, hormon dan lainnya. Cairan tubuh ini penting bagi tubuh. Seperti darah, misalnya. Darah berguna sebagai pengantar oksigen dan berbagai zat penting ke seluruh tubuh. Jika cairan ini terganggu, tubuh akan bermasalah. Nah, salah satu bahan untuk membentuk berbagai cairan penting ini adalah air.
·     Air sebagai pengatur suhu tubuh. Air menyerap panas dan menghantarkannya ke seluruh tubuh, sehingga suhu tubuh tetap terjaga. Ketika keringat keluar lalu menguap, itu membuat suhu turun dan tubuh tetap dingin.
·        Air membuat sel tubuh bekerja dengan baik. Misalnya, membuat kulit menjadi halus dan kencang.
·    Air berfungsi sebagai bantalan organ tubuh, seperti otak dan mata, sehingga tidak mudah rusak akibat terbentur tulang.
·        Air membuat otot tubuh kita menjadi lebih lentur.
·      Cairan sendi berguna untuk membuat sendi bergerak tanpa saling bergesekan. Jika cairan ini kering, maka sendi akan saling bergesekan dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.
·      Air liur berguna melarutkan makanan dan melumasi makanan agar dapat masuk ke kerongkongan.

2.      Menjaga air dalam tubuh
Cairan dalam tubuh kita harus seimbang, agar bagian tubuh berfungsi dengan baik. Artinya, kita harus memperhatikan bahwa jumlah cairan yang masuk sama dengan jumlah cairan yang keluar.
Untungnya, tubuh kita sangat canggih. Ia bisa mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh secara otomatis. Jika persediaan cairan dalam tubuh kurang, tubuh akan mengirim tanda. Misalnya, kita merasa haus. Saat itu berarti kita harus memasukkan cairan ke dalam tubuh. Jika tubuh sudah mengirim tanda, tetapi kita malah mengabaikannya, itu bisa menganggu fungsi anggota tubuh.

3.      Minumlah air murni
Tidak ada batasan tertentu berapa gelas kita harus minum air. Sebab, itu tergantung berat badan, suhu, aktivitas yang kita lakukan, dan lainnya. Kita minum air sebanyak jumlah cairan yang kita keluarkan. Tentu saja, tidak perlu harus menimbangnya. Cukup dikira – kira. Yang penting, air yang kita minum adalah air murni, bukan air yang mengandung rasa, misalnya teh manis, kopi, dan lain sebagainya. Sebab, dalam teh manis terkandung zat lain, yakni kalori. Bisa jadi, kalori itu tidak terlalu dibutuhkan tubuh  kita, Karena jumlahnya sudah dicukupi oleh makanan yang kita santap.


Air sangat penting bagi tubuh kita. Jadi, sudahkah kamu minum air hari ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar