Sabtu, 31 Desember 2016

Terapi Detoks Alami


Detoks berasal dari kata detoxification yang artinya pembersihan diri atau atau cara pembuangan timbunan sampah, racun, atau toksin yang berlelbih di dalam tubuh. Toksin adalah bahan kimia atau racun yang berbahaya bagi tubuh yang berasal dari air atau makanan yang dinikamati sehari – hari.

Detoks secara alami dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut ini adalah cara melakukan detoks yang paling popular dan telah diteliti secara ilmiah, diantaranya :
1.   Banyak minum air
Minumlah air putih sedikitnya delapan gelas setiap hari. Air adalah unsur detoksifikasi yang paling penting. Air membantu mengeluarkan racun melalui kulit, ginjal, dan keringat. Air melarutkan unsur – unsur kimia dalam darah, membersihkan darah, serta membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh

2.   Berpuasa dengan jus
Mengonsumsi makanan berlemak memerlukan banyak energy untuk proses pencernaan dan pembuangan. Itulah sebabnya, banyak dari kita merasa lelah dan mengantuk setelah makan. Para ahli detoksifikasi berpendapat bahwa berpuasa dengan jus adalah cara terbaik dan teraman untuk detoks. Cara ini memberikan asupan nutrisi penting dalam jumlah yang cukup tanpa memberikan beban pada sistem pencernaan tubuh.

3.   Gaya makan yang sehat
Gaya makan dengan banyak daging, makanan berlemak, makanan yang telah diproses, dan mengandung zat – zat kimia tambahan memberikan asupan toksin serta polutan dalam jumlah yang signifikan ke dalam tubuh. Mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah – buahan mentah serta mengurangi jenis makanan yang merugikan tubuh akan membantu detoks.

4.   Olahraga dan sauna
Aktivitas fisik secara reguler akan membantu pengeluaran toksin melalui keringat. Olahraga, selain memacu tubuh untuk berkeringat juga meningkatkan sirkulasi darah dan menstimulir sistem limpa. Olahraga juga bermanfaat untuk menurunkan tingkat stress dan depresi serta menstabilkan emosi.

5.   Memanfaatkan herbal dan jamu sebagai penangkal racun
Beberapa tanaman bat sebenarnya bisa digunakan sebagai penangkal racun di dalam tubuh. Cara yang sudah dikenal secara turun menurun apabila keracunan makanan adalah dengan minum air kelapa hijau atau susu murni. Selain itu, beberapa herbal juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih racun, baik untuk obat luar maupun obat dari dalam. Pengolahan herbal bisa dikeringkan lalu direbus, dilalap, atau di dibuat jus.

Aneka produk jamu dari berbagai macam merek terpercaya juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal racun.

Daftar pustaka :
Harmanto, Ning. 2006. Herbal Untuk Bumbu dan Sayur. Depok : Penebar Swadaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar