Sabtu, 31 Desember 2016

Jus Pepaya


Pepaya (Carica) merupakan tanaman herba yang berasal dari benua Amerika yaitu Amerika Tengah yang berhawa panas. Indonesia kini sudah mengembangkan pepaya sehingga papaya sudah seperti buah yang berasal dari tanag Indonesia. Pepaya tumbuh subur di kawasan subtropis dan tropis seperti di Indonesia.

Pepaya adalah salah satu buah yang akan akan mineral, pepaya termasuk buah yang populer di masyarakat karena selain mengandung banyak mineral juga memiliki Vitamin A dan Vitamin C yang membantu pencernaan. Tidak hanya masyarakat Indonesia yang gemar menyantap papaya, sama halnya dengan masyarakat Eropa yang juga gemar menyantap Pepaya dan mengkonsumsi sari buahnya.

Dengan mengkonsumsi jus pepaya dapat membantu dalam proses pencernaan karena bisa mengatasi diare, sembelit pada bagian perut. Pepaya termasuk buah yang kompleks, bagaimana tidak jika semua bagian dari pohonnya bisa digunakan. Dimulai dari buahnya yang bisa dikonsumsi dengan diolah seperti jus ataupun dikonsumsi dengan padat sebagai hidangan pencuci mulut. Daun pepaya juga dapat digunakan dengan cara direbus dan bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit beri – beri, menambah nafsu makan. Akar dari pohon pepaya juga berkhasiat untuk obat penyembuh ginjal dan sakit kencing.

Disarankan untuk minum jus pepaya 200 ml setiap hari, agar kamu bisa mendapatkan manfaat dari terapi jus pepaya. Berikut ini adalah manfaat jus papaya :
§  Membantu pemecahan serat makanan yang tersisa.
§  Mengobati luka lambung, diare kronis, sembelit.
§  Membunuh parasite dalam tubuh.
§  Menghilangkan aergi dan infeksi luka.
§  Anti kanker.
§  Membuang lemak di dalam tubuh.

Cara Membuat Jus Pepaya
Bahan :
·        100 gram papaya
·        100 ml air
·        2 sdm madu
Setelah bahan siap, masukkan ke dalam juicer atau blender, baiknya diminum pagi hari sebelum sarapan.

Cara Membuat Jus Kombinasi Pepaya, Nanas, Susu
Bahan :
·        100 gram pepaya
·        100 gram nanas
·        100 ml susu
Masukkan semua bahan ke dalam blender, setelah halus bisa langsung dikonsumsi. Kombinasi jus pepaya, nana, susu berkhasiat untuk melancarkan metabolism tubuh, meningkatkan kesehatan kulit. Jus kombinasi pepaya, nanas, susu kaya akan Vitamin C, Vitamin E, dan zat besi.

Daftar Pustaka :
Suwandi, monica. 2008. Khasiat jus buah dan sayuran. Surabaya: Jawara.
Amanda, Rianti. 2008. Terapi Jus Untuk Kesehatan. Bandung: Sanggabuana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar