Jumat, 30 Desember 2016

Pesta Bakteri di Mulut Manusia


Pesta pora itu dilakukan oleh bakteri. Bakteri berpesta di gigi, lidah, dan langit – langit mulut. Mereka berpesta pora saat ada sisa – sisa makanan di mulut kita. Kamu bisa merasakan pesta pora bakteri itu dengan melakukan percobaan berikut.
Pertama, gosoklah gigi dan lidahmu setelah makan. Rasakan apa yang terjadi setelah 30 menit. Hmm, pasti lidah dan mulut terasa ringan dan segar kan? Lalu, lakukan percobaan dengan tidak menggosok gigi dan lidah setelah makan. Rasakan apa yang terjadi setelah 30 menit. Hmm, lidah dan mulut terasa berat, tebal dan lengket.
Rasa tebal, berat dan lengket itu memang nyata. Rasa tebal dan lengket itu disebabkan oleh lendir yang dihasilkan bakteri. Lendir itu dihasilkan bakteri saat mengolah sisa makanan di mulut, nah, lendir ini akan menempel pada gigi dan lidah. Akibatnya, gigi dan lidah pun terasa tebal dan lengket. Parahnya lagi, bakteri menghasilkan lendir itu hanya dalam waktu lima menit!
Bakteri membuat lendir itu untuk bergandengan satu sama lain, mereka menjadi kuat saat bergandengan. Lendir itu bisa menempel di gigi dan lidah, lendir bakteri ini bisa menyebabkan mulut terasa tebal dan berat saat bangun tidur. Dokter gigi menyebut bakteri yang menempel kuat di gigi sebagai plak. Plak ini yang dapat merusak lapisan gigi keropos dan berlubang.
Bakteri secara alami tinggal di gigi, lidah, dan langit – langit mulut. Sebenarnya, bakteri selalu diguyur ludah untuk masuk ke dalam perut. Namun, karena jumlahnya sangat banyak, maka selalu ada sisa bakteri di mulut. Mereka berkembang biak hanya dalam waktu 20 menit.

Hmm, bisa dibayangkan, jumlah bakteri itu kembali banyak lagi hanya dalam beberapa jam. Oleh karena itu, kita sebaiknya gosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar