Senin, 26 Desember 2016

Jangan Salah Memakan Buah – buahan!


Hampir semua orang masuk dalam kategori omnivore atau pemakan hewan dan tumbuh – tumbuhan. Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa ada orang yang bisa hidup hanya dengan mengonsumsi buah – buahan dan kacang – kacangan. Ternyata, mengonsumsi buah – buahan dan kacang – kacangan tidak membuat orang kekurangan gizi. Dan bahkan, kebiasaan tersebut bisa membuat orang tetap sehat.

Ada cara memakan buah – buahan yang selama ini dianggap benar dan sudah terlanjur menjadi kebiasaan sebagian orang. Padahal, apa yang selama ini dilakukan salah dan tidak baik bagi kesehatan. Kebiasaan tersebut adalah:
  • Buah – buahan dimakan sebagai makanan penutup, yaitu dimakan setelah makan nasi.
  • Buah – buahan dicampur susu, biasanya dibuat dalam bentuk jus buah, es buah, atau es campur.
  • Buah – buahan dimasak, misalnya dibuat untuk manisan buah.

Nah, sebenarnya cara mengonsumsi buah - buahan seperti itu adalah keliru. Cara yang benar, yaitu:
  • Buah – buahan harus dimakan dalam keadaan perut kosong, bukan setelah perut kenyang seperti kebiasaan sebagian orang selama ini.
  • Buah – buahan tidak boleh dicampur dengan susu atau kacang – kacangan.
  • Buah tidak boleh dimasak.

Mengapa kebiasaan kita mengonsumsi buah – buahan selama ini salah? Ternyata, setelah dikunyah, buah – buahan tersebut akan masuk ke perut, kemudian tinggal di perut sekitar 15 – 20 menit, lalu buah – buahan itu akan bergerak ke usus. Dan di dalam usus inilah, buah dicerna dengan enzim yang dikandung oleh buah itu sendiri. Jika buah dimakan setelah makan, buah akan diam mengendap di atas makanan karena tidak bisa bergerak ke usus. Hal ini menyebabkan buah membusuk dan menyebabkan penyakit seperti meningkatnya asam ambung, gangguan pencernaan, sembelit, dan gangguan penyakit lainnya.

Sebaiknya, buah jangan dimakan bersamaan dengan makanan lain, karena makanan lain membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dalam perut. Buah juga jangan dimasak, karena akan menyebabkan hilangnya enzim yang berguna untuk tubuh.

Semua penyakit tadi bisa dihindari jika makan buah setidaknya ½ jam sebelum makan. Bagi kalian yang mempunyai penyakit kronis seperti tadi, disarankan untuk tidak memakan roti atau nasi di pagi hari, tapi makanlah buah.


Ketika ‘kelaparan’, buah merupakan pilihan terbaik untuk dikonsumsi. Karena buah mampu memberikan energi dengan cepat dan efisien tanpa mengambil energy dari tubuh. Sementara makanan lain memerlukan banyak energi untuk tercerna. So, buat kalian yang suka mengonsumsi buah - buahan. Jangan sampe salah mengonsumsi ya! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar