Sabtu, 31 Desember 2016

Sabuk Van Allen


Kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena bumi tempat kita berpijak dilindungi oleh sebuah sabuk besar yang terdiri atas lapisan elektron dan proton yang tertangkap. Lapisan pelindung bumi ini disebut sebagai sabun Van Allen. Medan magnet yang menyelubungi ini muncul akibat besarnya kuantitas kepadatan bumi.

Sabuk radiasi ini berada di lapisan magnetosfir bumi untuk membedakannya dengan lapisan atmosfir. Partikel pada sabuk radiasi ini berputar sepanjang jalur magnetic bumi yang membentang di atas garis khatulistiwa ke Kutub Utara hingga Kutub Selatan, kemudian kembali lagi ke atas garis khatulistiwa.

Mengapa Dzat Yang Mahakuasa menciptakan sabuk Van Allen? Salah satunya adalah untuk mencegah radiasi gelombang elektromagnetik kosmis yang berlebihan. Efek radiasi yang terus menerus dipancarakan matahari dan bintang – bintang lainnya, maka akan sangat berbahaya bagi makhluk hidup.

Jika tidak ada sabuk Van Allen, ledakan hebat dari energi solar flares yang sering terjadi pada matahari akan menghancurkan semua kehidupan di muka bumi. Padahal, energi yang dipancarkan dalam salah satu ledakannya saja sebanding dengan 100 juta bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima. Sebagai informasi, 58 jam setelah ledakan bom atom di Hiroshima tahun1942 lalu, jatum magnetik kompas menunjukkan gerakan yang luar biasa. 250 km di atas atmosfer bumi, suhu meningkat mencapai 2.500 derajat celcius, bahkan bisa lebih.

Demikian Allah SWT menciptakan sabuk radiasi Van Allen sebagai tameng pelindung untuk mencegah radiasi – radiasi berbahaya yang dapat menghancurkan bumi. Jadi, nikmat manakah yang akan kami dustakan?

Daftar pustaka :
Nur Azhar, Tauhid. 2012. Mengenal Allah : Alam, Sains, dan Teknologi. Solo : Tinta Medina.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar