Jumat, 30 Desember 2016

Si Mas Koki Mata Gelembung


Unik banget ya, ikan mas koki ini! Dibawah kedua matanya, terdapat kantung berisi ciran yang berbentuk seperti gelembung. Itulah sebabnya, ia dijuluki ikan mas koki mata gelembung. Gelembungnya itu mulai tumbuh ketika ia berumur antara 6-9 bulan. Semakin ia besar, gelembungnya pun semakin besar. Saking besar gelembungnya, ikan ini jadi sulit untuk melihat dengan jelas.

Gelembungnya itu membuatnya ngetop. Tetapi sedihnya, meskipun ngetop ikan ini mungkin kesepian. Kenapa begitu? Gelembungnya mudah meletus jika tersenggol benda apapun. Makanya, ikan mas koki ini biasanya dipelihara di akurium yang sepi, tanpa banyak ikan yang lain.

Mata gelembungnya itu membuat ikan mas koki ini tidak bisa berenang dengan gesit. Apalagi ia juga tidak mempunyai sirip belakang. Karena lambat berenang, ikan ini biasanya lebih sering berada di dasar, diantara bebatuan. Tetapi, berada di bebatuan bisa berbahaya untuknya. Bebatuan juga dapat menyebabkan mata gelembung menjadi meletus!

Apa yang terjadi jika mata gelembungnya meletus? Mata gelembungnya perlahan – lahan akan tumbuh kembali. Tetapi, bentuk dan ukurannya tidak akan sama dengan yang sebelumnya. Dan tidak akan sama juga dengan mata gelembung yang di sisi lainnya. Hasilnya, wajahnya jadi terlihat kurang simetris atau seimbang.

Jika gelembungnya meletus, maka mata gelembungnya akan tumbuh lagi. Namun, saat meletus ikan itu akan terluka dan terkena infeksi. Akibatnya, ia bisa mati. Duh, kasian.. karena itulah ikan mas koki mata gelembung sebaiknya dipelihara oleh orang yang sangat ahli merawat ikan. Karena dengan begitu, ikan ini dapat hidup dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar