Senin, 26 Desember 2016

Mengenal Vitamin Yuk!

Mengenal Vitamin Yuk!
Apa itu vitamin?
Zat senyawa organik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Unsur vitamin dalam tubuh mempunyai peranan penting. Karena apabila tubuh kekurangan salah satu vitamin maka kesehatan bisa terganggu. Vitamin pada dasarnya terbagi menjadi 2 macam, yaitu :
1.      Vitamin yang larut dalam air, yaitu semua jenis vitamin B dan vitamin C (asam askorbat).
2.      Vitamin yang larut dalam lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K.

1.            Vitamin yang larut dalam air
a.       Vitamin B1 (Thiamin), vitamin ini bisa kita temukan pada sereal dari tepung gandum, beras putih dan merah, buncis, bayam, jeruk, susu, telur. Vitamin ini berfungsi untuk mencegah penyakit beri – beri, membantu pelepasan energi dari makanan, mempertahankan kesehatan susunan syaraf.
b.      Vitamin B2 (Riboflavin), vitamin ini berada pada sereal dari tepung gandum, susu, telur, ikan salmon, daging sapi, asparagus, ayam, keju, brokoloi, bayam roti. Vitamin ini berfungsi untuk membantu pelepasan energi dari makanan, mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.
c.       Vitamin B3 (Niacin), vitamin ini berada pada sereal dari tepung gandum, tuna, salmon, ayam, kacang – kacangan, daging sapi. Vitamin ini berfungsi untuk mencegah penyakit pellagra (kulit kasar bersisik), membantu melepaskan energy dari makanan, mempertahankan kesehatan sistem susunan syaraf, dan mempertahankan kesehatan rambut.
d.      Vitamin B5, vitamin ini bisa kita temukan pada hati ampela, telur, brokoli, ikan, ayam, yoghurt, jamur, alpukat, kentang. Vitamin ini berfungsi untuk mencegah mati rasa pada jari, membantu melepaskan energi dari makanan, mempertahankan kesehatan jaringan dan rambut.
e.       Vitamin B6 (Pyridoxin), vitamin ini bisa kita temukan pada pisang, ikan, ayam, kentang, bayam. Vitamin ini berfungsi untuk mencegah kekeringan pada ujung bibir, membantu melepaskan energi dari makanan, membantu pembentukan sel darah merah, dan mempertahankan kesehatan sistem syaraf.
f.        Vitamin B12 (Cyanocobalamin), vitamin ini terkandung pada salmon, kepiting, daging sapi, telur, susu. Vitamin ini berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah/mencegah anemia, mempertahankan sistem susunan syaraf.
g.       Vitamin C, vitamin ini terkandung pada jeruk, strawberry, anggur, tomat, brokoli, kentang. Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, berfungsi sebagai anti oksidan yang melindungi tubuh dari serangan radikal bebas akibat polusi dan asap rokok, membantu penyembuhan luka, membantu penyerapan zat besi dan kalsium, serta mempertahankan kesehatan kulit dan jaringan.

2.            Vitamin yang larut dalam lemak
a.       Vitamin A, vitamin ini terkandung pada wortel, bayam, kentang, telur, mentega. Vitamin ini sangat berperan penting dalam kesehatan mata, mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.
b.      Vitamin D, vitamin ini terkandung pada ikan salmon dan sardin, udang, susu. Vitamin ini berperan dalam pembentukan tulang dan gigi, serta membantu pembekuan darah.
c.       Vitamin E, vitamin ini bisa kita temukan pada kacang – kacangan, minyak zaitun, minyak jagung, wortel, alpukat. Vitamin ini berfungsi untuk mempertahankan kesehatan umum, mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.
d.      Vitamin K, vitamin ini bisa kita temukan pada brokoli, bayam, minyak zaitun, minyak kacang kedelai. Vitamin ini berfungsi untuk membantu pembekuan darah pada luka.

DAFTAR PUSTAKA
Triwibowo, Cecep. Erlisya, Mitha. 2015. Pengantar Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika



Tidak ada komentar:

Posting Komentar