Senin, 26 Desember 2016

Alpukat

Buah alpukat merupakan tanaman familia lauraceae yang dikenal sebagai Persea Americana yang mempunyai proporsi 70% air, 20% lemak organik, 10% mineral. Alpukat sangat kaya akan vitamin, dan mengandung tannin, polifenol, quersetin, dan gula alcohol persit. Daun alpukat pun mengandung saponin, alkaloida, dan flavanoida.

Buah alpukat tidak hanya digunakan untuk kesehatan tetapi juga bisa digunakan dalam bidang kecantikan yang berkaitan dengan kesehatan pula, khususnya sebagai bahan krim pemijat kepala yang bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala. Alpukat juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena mengandung mineral, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, niasin, sodium, potassium.

Berikut ini khasiat yang didapatkan jika mengkonsumsi jus alpukat :
  • ·        Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.
  • ·        Melembapkan kulit.
  • ·        Menghindari penyakit sendi.
  • ·        Mengobati kencing batu.
  • ·        Membersihkan kencing manis.
  • ·        Menjaga kelenturan otot – otot sendi.
  • ·        Memperkuat tulang (menambah asupan zat kalsium)


Cara membuat jus alpukat?
Kupas alpukat yang sudah masak, tapi jangan memotong sampai terkelupas dagingnya. Pertahankan membran bagian luar di bawah kulit alpukat, karena pada bagian ini banyak mengandung mineral apukat. Setelah dikupas menjadi dua bagian, keluarkanlah biji alpukat. Masukkan kedua potongan alpukat ke dalam blender atau juicer. Sebaiknya hindarkan penggunaan gula saat mengkonsumsi jus alpukat ini. Jus alpukat dikonsumsi sehari 1 x sesudah menyantap makanan.

Kombinasi jus alpukat untuk mengatasi kencing batu. Cara membuat :
Daun alpukat 4 lembar, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enanu. Cucilah lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa dua seperempat gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum sehari 3 x sehari.

Biji alpukat untuk mengatasi kencing manis. Cara membuat :
Biji alpukat dipanggang di atas api, lalu biji alpukat dipotong kecil – kecil dengan golok, kemudian direbus dengan air bersih sehingga airnya nampak berwarna cokelat. Saringlah air ke dalam gelas dan air biji alpukat bisa diminum setelah dingin.

Daun alpukat untuk mengatasi darah tinggi dan sakit kepala. Cara membuat :
Tiga lembar daun alpukat dicuci bersih, lalu diseduh dengan segelas air panas. Kemudian setelah dingin, bisa diminum sekaligus.

Alpukat untuk mengatasi sariawan. Cara membuat :
Buah alpukat yang sudah masak dikupas menjadi dua bagian, lalu masukkan daging buah alpukat ke dalam gelas, tambahkan 2 sendok makan madu murni, lalu diaduk rata dan siap untuk dimakan.



DAFTAR PUSTAKA :
Suwandi, monica. 2008. Khasiat jus buah dan sayuran. Surabaya: Jawara.

Amanda, Rianti. 2008. Terapi Jus Untuk Kesehatan. Bandung: Sanggabuana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar