Senin, 26 Desember 2016

Istilah Dalam Ilmu Gizi

Mungkin sebagian dari kita sering kali mengabaikan mengenai pengetahuan gizi, padahal itu sangat penting untuk kita ketahui demi keseimbangan nutrisi di dalam tubuh kita. Disini, saya akan memaparkan beberapa istilah dalam ilmu gizi.

Ilmu gizi?
Kata “gizi” berasal dari bahasa Arab ghidza, yang berarti “makanan”. Ilmu gizi berkaitan dengan makanan dan tubuh manusia. Secara umum, ilmu gizi didefinisikan sebagai suatu cabang ilmu yang mempelajari hubungan antara makanan yang dimakan dengan kesehatan tubuh yang diakibatkannya serta faktor – faktor yang mempengaruhinya.

Jadi, gizi adalah elemen yang terkandung di dalam makanan dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh seperti halnya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Gizi yang seimbang sangat dibutuhkan oleh tubuh terlebih bagi balita yang sedang mengalami masa pertumbuhan.

Berikut ini beberapa istilah dalam ilmu gizi :
  • Kesehatan adalah keadaan sehat (normal) secara fisik, mental, spiritual, dan sosial yang memungkinkan setiap individu dapat hidup secara produktif.
  • Diet adalah kecukupan makanan dan minuman seseorang yang dimakan sehari – hari.
  • Kecukupan diet (dietary allowance) adalah batas atau jumlah makanan yang direkomendasikan kepada semua orang dengan memperhatikan kebutuhan individu dan keadaan fisiologis individu.
  • Pelayanan gizi adalah pelayanan yang  membantu masyarakat baik individu maupun kelompok masyarakat dalam keadaan sehat maupun sakit untuk mendapat makanan yang layak untuk mencapai status gizi  yang baik.
  • Zat gizi (nutrients) adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya, yaitu menghasilka energi, membangun dan memelihara jaringan serta mengatur proses – proses kehidupan.
  • Gizi (nutrition) adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absorpsi, transportasi, penyimpanan, metabolism, dan pengeluaran zat – zat yang tidak digunakan, untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ – organ, serta menghasilkan energi.
  • Asuhan gizi adalah suatu kegiatan pelayanan gizi kepada seseorang pasien, yang melibatkan berbagai bidang keahlian yang didalam terdapat kegiatan : membuat diagnosa masalah gizi, menentukan kebutuhan gizim, memilih alternatif bentuk zat gizi, dan memilih cara pemberian zat gizi.
  • Ilmu gizi (nutrience science) adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makanan dalam hubungannya dengan kesehatan optimal atau tubuh.
  • Pangan adalah istilah umum untuk semua bahan yang dapat dijadikan makanan.
  • Makanan adalah bahan selain obat yang mengandung zat – zat gizi dan atau unsur – unsur atau ikatan kimia yang dapat diubah menjadi zat gizi oleh tubuh, yang berguna bila dimasukkan ke dalam tubuh.
  • Bahan makanan adalah makanan dalam keadaan mentah.
  • Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat konsumsi makanan dan penggunaan zat – zat gizi.

DAFTAR PUSTAKA
Triwibowo, Cecep. Erlisya, Mitha. 2015. Pengantar Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika


Tidak ada komentar:

Posting Komentar