Senin, 26 Desember 2016

Burung Pelangi Marshmallow

Burung Caracias caudatus ini tubuhnya berwarna – warni lembut. Seperti pelangi dengan warna – warni marshmallow. Lihat saja bagian dadanya yang berwarna ungu muda, perutnya berwarna biru toska, punggungnya cokelat muda, kepalanya hiaju muda. Lalu, ketika ia mengepakkan sayapnya, tadaa terlihatlah sayapnya yang berwarna biru terang dengan pinggiran sayapnya yang berwarna biru tua dan hitam. Waw keren!

Burung yang berukuran sekitar 30 cm ini hidup di negara – negara Afrika. Misalnya Angola, Afrika Selatan, Ethiopia, Kenya, dan daerah Afrika lainnya. Di Kenya burung Caracias caudatus ini dijadikan burung nasional.

Burung Marshamallow juga terkenal dengan terbangnya yang super melesat cepat sambil melakukan gerakan akrobat. Ketika ia menukik turun, ia seperti berputar dan bergulung. Makanya, dalam bahasa Inggris, ia dan keluarga besarnya mendapat julukan burung roller.

Burung Caracias caudatus biasanya tinggal di sabana, padang rumput, atau bahkan di hutan yang pohon – pohonnya tidak terlalu berdempetan. Sehari – hari burung ini bertengger pada pohon – pohon akasia. Ia membuat sarang – sarang di antara dahan – dahan atau lubang – lubangnya. Ada lubang pohon yang alami, da nada pula lubang yang direbutnya dari lubang buatan burung pelatuk lainnya.

Burung yang suka makan belalang, jangkrik,dan kadal ini tercatat dalam keadaan aman, ia tidak terancam punah. Jadi, kalau kalian ke Afrika tidak sulit untuk melihat si pelangi marshmallow ini terbang berakrobat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar