Sabtu, 31 Desember 2016

Cara Menjaga Kesehatan ala Rasulullah SAW


Rasulullah SAW sebagai manusia pilihan telah mengajarkan kepada kita bagaimana cara menjaga badan agar kita tetap sehat, antara lain :

1.    Membiasakan diri untuk bangun pagi
Bangun pagi dapat menjadikan badan sehat, karena udara masih segar, belum terkena polusi. Selain itu, kita masih dapat merasakan sinar matahari pagi yang terbukti menyehatkan tubuh kita. Yang lebih penting daripada itu, kita bisa memulai aktivitas dengan tenang dan penuh pertimbangan dan tidak terburu – buru. Dengan bangun pagi, jasmani dan rohani kita menjadi sehat, emosi pun menjadi terkontrol.

2.    Makan sesudah lapar dan berheni sebelum kenyang
Rasulullah hanya mau makan bila Beliau merasa sudah sangat lapar, dan berhenti sebelum kenyang. Menurut Beliau makan hanya untuk menyambung hidup. Rasulullah SAW bersabda :
”Sepertiga perut untuk makanan, sepertiga untuk minum dan sepertiganya lagi untuk napas / udara.” ( HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Pola makan seperti Rasulullah dapat menghindarkan diri dari perilaku konsumtif dan kecenderungan memperturutkan hawa nafsu perut, yang ada pada akhirnya akan melahirkan berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

3.    Menyambung silaturahmi
Tali persaudaraan yang kuat memudahkan bagi kita untuk berbagi solusi hidup, akan menghindarkan kita dari perasaan tertekan, stress, uring – uringan, dan sejenisnya. Allah juga berjanji bahwa orang yang gemar silaturahmi akan diperluas rezekinya dan dipanjangkan umurnya.

4.    Menghindarkan diri dari mengonsumsi barang yang merusak
Mengonsumsi minum – minuman keras, makanan yang diharapkan, dan obat – obatan terlarang jelas – jelas merugikan kesehatan. Bukan hanya akan menggangu kesehatan jasmani, tetapi juga kesehatan rohani, jiwa, dam pikiran juag ikut terganggu, mengonsumsi barang – barang tersebut juga merusak masa depan hidup seseorang. Kalau sudah demikian, hal ini juga akan berakibat kepada buruknya perilaku dan sifat seseorang yang juga sangat merugikan orang lain.

5.    Banyak berolahraga
Berolahraga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Tidak perlu olahraga yang mahal, cukup berjalan – jalan atau berlari juga sangat signifikan hasilnya. Olahraga dapat mengendurkan otot – otot yang kaku, memperlancar peredaran darah dan membantu meningkatkan metabolism tubuh dan ketahanan tubuh.

6.    Banyak berpuasa
Puasa mempunyai peranan yang signifikan dalam menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya tubuh sehat yang kita dapat, pahala juga kita peroleh. Bukan saja fisik yang sehat, jiwa dan  rohani juga kita peroleh. Karena denga puasa, kita memberikan waktu “istirahat” kepada alat pencernaan dari pekerjaan berat mencerna makanan yang tiada henti – hentinya.

Demikian kiat – kiat Rasulullah dalam menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Semoga kita memperhatikan kesehatan tubuh kita dan menjaganya dengan sebaik – baiknya, sebagai bukti syukur atas karunia Allah SWT.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar