Senin, 26 Desember 2016

MACAM – MACAM KANKER

1.      Kanker Otak
Gejala bagi penderita adalah sakit kepala dan kejang. Muntah, penurunan fungsi penglihatan dan pendengaran, hilang keseimbangan. Faktor yang mempengaruhi yaitu genetika, akumulasi zat kimia tertentu sepeti akrilonitril, tinta, pelarut, dan pelumas. Penanganannya bisa melalui pembedahan dan pengangkatan.
2.      Kanker Hipofaring
Gejala bagi penderita adalah pembengkakan pada leher, penurunan berat badan secara drastis. Faktor pemicunya yaitu kombinasi penggunaan alcohol dan tembakau, kebersihan mulut dan gigi buruk, defisiensi vitamin A. Penanganannya melalui pembedahan dan radiasi.

3.      Kanker Rongga Hidung dari Sinus Paranasal
Gejala bagi penderita adalah radang pada rongga hidung, hidung terasa kaku, pendarahan, bengkak dan nyeri. Faktor pemicunya hampir sama dengan kanker hipofaring  yaitu kombinasi penggunaan alcohol dan tembakau, kebersihan mulut dan gigi buruk, defisiensi vitamin A. Penanganannya melalui radioterapi dan radiasi.

4.      Kanker Esofagus
Penderita akan mengalami cegukan setelah makan, nyeri saat menelan, tidak bisa makan, dan merasa perutnya penuh terisi. Faktor risikonya yaitu biasanya sering menyerang pria, perokok, pengguna alkohol, sering mengkonsumsi makanan yang diasap dan diasinkan. Penanganan kanker esophagus melalui cara pembedahan dan radiasi.

5.      Kanker Nasofaring
Gejala bagi penderita adalah pendarahan, menurunnya fungsi pendengaran, nyeri pada tenggorokan, nyeri kepala. Ini ditimbulkan karena penggunaan tembakau dan alkohol, kebersihan mulut dan gigi yang buruk, defisiensi vitamin A. penanganannya melalui cara radioterapi dan pembedahan.

6.      Kanker Laring
Gejala bagi penderita ini yaitu nyeri pada tenggorokan, menyebar ke telinga, kualitas suara yang memburuk. Faktornya yaitu kombinasi penggunaan alkohol dan tembakau, kebersihan mulut dan gigi buruk, defisiensi vitamin A.

7.      Kanker Bibir dan Rongga Mulut
Gejala yang dialami penderita ini adalah bengkak pada gusi, nyeri yang tidak sembuh – sembuh.

8.      Kanker Orofaring
Gejala bagi penderita adalah nyeri tenggorokan, sulit bicara. Faktor pemicunya yaitu kombinasi penggunaan alcohol dan tembakau, kebersihan mulut dan gigi buruk, defisiensi vitamin A. penanganan untuk kanker orofaring yaitu dengan radiasi preoperatif dengan pembedahan.

9.      Kanker Indung Telur (Ovarium)
Gejala bagi penderita yaitu ketidaknyamanan perut. Biasanya ini terjadi pada perempuan, pertambahan usia, memiliki riwayat kanker payudara dan kolon. Penanganan yang dilakukan adalah dengan kemoterapi, radioterapi dan pembedahan.

10.  Kanker Uterus (Endometrium)
Gejala bagi penderita kanker ini adalah pendarahan pada perempuan yang pascamenopause, aliran menstruasi yang banyak serta siklus menstruasi yang tidak teratur. Faktor risikonya yaitu terjadi pada perempuan, kegemukan dan diet yang tinggi, memiliki riwayat kanker payudara. Penanganan untuk kanker unterus yaitu histerektomi dan kemoterapi.

11.  Kanker Mulut Rahim (Serviks)
Gejala bai penderita adalah nyeri perut dan punggung bagian bawah. Faktor risiko yaitu perempuan, pertambahan usia, berganti – ganti pasangan seks. Penanganan dilakukan dengan cara pembedahan, terapi lokal meliputi biopsy, bedah beku, kauterisasi, terapi laser dan konisasi.

12.  Kanker Payudara (Mammae)
Gejala bagi penderita yaitu benjolan dan penebalan yang terjadi pada payudara. Faktor risikonya yaitu perempuan, memiliki riwayat kanker keluarga, menstruasi usia dini, menopause usia lanjut, penggunaan estrogen jangka panjang, dan terlambat menikah. Penanganan dapat dilakukan dengan cara radiasi dan kemoterapi.

13.  Kanker Kolektoral (Kolon)
Gejalanya yaitu darah pada feses. Faktornya yaitu memiliki riwayat kanker organ lain, diet tinggi, gaya hidup, dan pola seksual anal. Penanganan dapat dilakukan dengan cara pembedahan dan kemoterapi.

14.  Kanker Darah (Leukimia)
Gejala bagi penderita adalah kekurangan darah, pendarahan, demam, infeksi, nyeri tulang. Faktor risiko yaitu pengaruh genetika. Penanganan yang dapat diberikan yaitu dengan cara kemoterapi kombinasi.

15.  Kanker Kulit
Gejala bagi penderita kanker kuit yaitu adanya benjolan kecil, halus, mengkilap, pucat di daerah kepala, leher, atau tangan, pertumbuhan tahi lalat secara vertikal atau horizontal. Faktor risikonya adalah radiasi ultraviolet, kecintaan berjemur, rendahnya melamin dalam kulit. Penanganan dapat diatasi dengan cara pembedahan, radioterapi, kemoterapi, dan bioterapi.

16.  Kanker Jaringan Lunak
Gejala yang diderita yaitu nyeri dan pembengkakan. Faktor risikonya yaitu memiliki riwayat kanker lain. Penanganan dapat diatasi melalui cara reseksi, radiasi, pembedahan, dan amputasi.

17.  Kanker Getah Bening (Limfoma)
Gejalanya yaitu kehilangan tenaga, berkeringat, penurunan berat badan,. Faktornya adalah pengobatan steroid jangka panjang, kegagalan sistem imun. Penanganannya dengan cara radioterapi dan kemoterapi.

18.  Kanker Tulang
Gejalanya dapat berupa nyeri tulang, bengkak di atas tulang, nyeri dada, batuk, demam, berat badan turun, dan malaise. Faktor risikonya yaitu radiasi dosis tinggi. Penanganannya dengan cara pembedahan, kemoterapi, radioterapi, bioterapi, hingga amputasi.

19.  Kanker Kandung  Kemih
Gejala bagi penderita adalah keluarnya kemih bercampur dengan darah. Faktor risikonya yaitu pria, pertambahan usia, ras, perokok, akumulasi zat kimia seperti cat, karet, kulit, dan tar. Penanganannya yaitu dengan cara kemoterapi.

20.  Kanker Prostat
Gejala bagi penderita yaitu aliran berkemihnya lemah dan sering terhenti, kesulitan saat memulai dan mengakhiri berkemih, biasa berkemih pada malam hari, adanya darah dalam urin, nyeri tulang. Faktor risikonya yaitu pria, pertambahan usia, akumulasi zat kimia seperti cadmium dan senyawa – senyawa yang terkandung pada karet, pestisida, dan bahan tambang. Penanganannya bisa melalui cara pembedahan, pembekuan, dan radiasi.

21.  Kanker Testis
Gejalanya yaitu nyeri pada panggul dan punggung, pembengkakan pada testis. Faktor pemicunya yaitu pria, testis yang tidak turun. Penanganannya dengan radioterapi, pembedahan, dan radiasi.

22.  Kanker Paru
Gejala yang dialami penderita adalah nyeri dada dan sesak napas. Faktor risikonya yaitu merokok, polusi udara, debu. Penanganannya dapat diatasi dengan cara kemoterapi.

23.  Kanker Lambung
Gejala yang dialami penderita adalah rasa tidak nyaman di area perut, tidak bisa makan, perut terasa kembung. Faktornya yaitu pekerja industry, kurangnya vitamin C, A, dan E. penanganannya dengan cara pembedahan dan radiasi.

24.  Kanker Pankreas
Gejala yang dialami penderita yaitu nyeri punggung, penurunan berat badan secara drastis, gatal – gatal. Faktor risikoya yaitu pria, pertambahan usia, perokok, pengguna alkohol. Penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan cara pembedahan.

25.  Kanker Ginjal
Gejalanya yaitu nyeri panggul, demam, berat badan turun. Faktor risiko yaitu akumulasi zat kimia tertentu seperti kadmium, tinta, asbes, tar batu bara, asap rokok. Penanganannya dapat melalui pembedahan.

DAFTAR PUSTAKA
Agoes, Azwar H. 1992. Antropologi Kesehatan Indonesia, Pengobatan Tradisional. Penerbit Buku Kedokteran.
Darwati. SY, Indah Dr. 2013. Keajaiban Daun Tumpas Tuntas Penyakit. Surabaya: Tribbun Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar