Jumat, 30 Desember 2016

Cara Mengetahui Orang Hamil



Seseorang mengalami kehamilan disebabkan oleh wanita melakukan hubungan seksual dengan laki – laki. Kehamilan dapat terjadi ketika sel sperma masuk ke dalam rahim seorang wanita dan membuahi sel telur yang ada di dalamnya. Untuk mengetahui orang itu hamil atau tidak bisa dilihat dari tanda – tandanya, yaitu :
a.      Jadwal Menstruasi Telat
Apabila perempuan sudah telat datang bulang, itu merupakan salah satu tanda bahwa ia telah hamil.

b.      Muncul Flek dan Kram
Kehamilan biasanya ditandai dengan munculnya flek pink yang terjadi saat implantasi (pelekatan embrio menempel di dinding rahim). Hal ini biasanya terjadi sekitar  8 – 10 hari menyusul ovulasi (terlepasnya   sel telur), sedikit lebih awal dibanding datangnya waktu menstruasi. Terkadang, juga terjadi kram di awal kehamilan.

c.       Payudara Membengkak
Tanda kehamilan lainnya adalah payudara menjadi sensitif akibat meningkatnya kadar hormon. Rasa sakit biasanya lebih besar dibandingkan ketika mengalami menstruasi.

d.      Cepat Merasa Lelah
Sedangkan tanda berikutnya adalah orang yang sedang hamil cepat merasa lelah secara tiba – tiba. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon progesterone secara cepat.

e.       Ada Sedikit Pendarahan
Jika perempuan sedang hamil, biasanya mengalami pendarahan selama sekitar 11 – 12 hari. Hal tersebut disebabkan oleh sel telur yang dibuahi memasuki lapisan rahim. Pendarahan yang terjadi sangat ringan (tidak banyak), seperti munculnya bercak darah berwarna merah muda atau cokelat kemerahan.

f.       Mengalami Mual dan Muntah
Perempuan hamil biasanya mengalami mual dan muntah di pagi hari setelah melakukan hubungan suami istri. Tetapi, rasa muntah dan mual biasanya tidak hanya dirasakan di pagi hari, melainkan pada waktu kapan saja.

g.      Meningkatnya Kepekaan terhadap Bau -  bauan
Terkadang, perempuan hamil sangat tidak enak apabila mencium bau – bau tertentu, seperti kopi, parfum, dan bau makanan yang sebelumnya disenangi oleh perempuan tersebut. Hal itu memicu terjadinya mual dan muntah.

h.      Sering Buang Air Kecil
Perempuan hamil biasanya sering buang air kecil sepanjang waktu. Hal ini disebabkan oleh cairan selama hamil meningkat. Sehingga, mengakibatkan adanya cairan tambahan yang diproses oleh ginjal dan kandung kemih.

i.        Perut Kembung
Perut kembung terjadi karena perubahan hormon saat awal kehamilan. Hal ini mirip dengan saat perempuan sebelum datangnya menstruasi.

j.        Sembelit
Ketika hendak melakukan buang air besar (BAB) menjadi suit dan tidak lancar. Hal ini lazim terjadi pada awal kehamilan. Sebab, hormon tambahan yang diproduksi pada masa kehamian menyebabkan usus halus lebih lentur dan menjadi kurang efisien.

DAFTAR PUSTAKA :

Suririnah. 2008. Buku Pintar Kehamilan & Persalinan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar