Jumat, 30 Desember 2016

HUJAN BATU DI PLANET COROT


Ada yang sudah pernah mendengar planet CoRot? Ya, Planet ini berada di luar tata surya kita. Untuk sampai kesana, manusia harus menempuh perjalanan selama 13,3 juta tahun. Sayangnya, setelah perjalanan yang super jauh itu, kita malah akan disambut hujan batu. Planet yang sangat aneh..

Planet aneh ini bernama Planet CoRot-7b, letaknya di rasi bintang Monoceros. Kalian bisa melihat rasi bintang Monoceros ini pada saat bulan Februari tepatnya tanggal 1 – 5 tepat di arah selatan, letaknya tepat di atas kepala kita. Untuk melihatnya, kita harus mendongakkan kepala 90 derajat. Nah, saat kita mendongak, bayangan titik – titik bintang yang membentuk gambar unicorn ini adalah planet dimana CoRot-7b berada.

Planet CoRot-7b ini terbuat dari batu. Uniknya, batuan di planet ini sama sekali tidak keras, karena semua batu di planet ini berwujud cair. Waah, sejauh mata kita memandang kita hanya akan melihat lautan batu.

Batu – batu itu mencair karena kepanasan. Ya, suhu di planet CoRot-7b mencapai sekitar 3.9900 Fahrenheit atau sekitar 2.2000 Celcius. Nah, semua itu gara – gara posisi planet CoRot-7b terlalu dekat dengan bintangnya. Ssst, lautan batu di Planet CoRot juga menguap loh. Uap batunya berkumpul menjadi awan, mirip awan di planet bumi. Bedanya, awan itu tidak menurunkan hujan batu.

Planet CoRot-7b juga mengelilingi sebuah bintang, mirip dengan planet Bumi yang mengelilingi bintang Matahari. Bedanya, bintang planet CoRot-7b berukuran lebih kecil daripada Matahari. Namun sebaliknya, ukuran planet CoRot-7b justru lebih besar daripada ukuran planet Bumi.


Ilmuwan menggolongkan Planet CoRot-7b sebagai salah satu super Bumi. Saat ini, para ilmuwan telah menemukan banyak super Bumi  di antariksa. Sayangnya, kebanyakan super Bumi itu tidak senyaman seperti planet Bumi kita. Manusia tidak bisa piknik di super Bumi lainnya. Kebayangkan, kita harus memakai baju tebal anti panas dan dihujani batu di planet CoRot-7b. ah, repot ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar