Senin, 26 Desember 2016

Patung Dalam Lubang Jarum


Ada yang sudah pernah melihat patung dalam lubang jarum? Ya, patung yang berukukuran 0,0005 mm dan hanya bisa dilihat melalui mikroskop ini ternyata buatan salah satu pematung dari negara Inggris, loh..

Wilard Wigan merupakan nama sang pematung. Beliau lahir di Ashmore Park Estate, Wednesfield, Inggris pada tahun 1957. Ketika kecil beliau sulit membaca, ia sering dipandang sebagai penyandang disleksia, padahal ia belum pernah diperiksa oleh seorang ahli. Guru di sekolah pun sering mengejek Wigan, maka dari itu beliau memutuskan untuk berhenti sekolah. Sejak saat itu Wigan belajar untuk membuat patung sejak usia 5 tahun.

Patung karya Wigan selalu diletakkan di dalam lubang jarum atau kepala paku, itulah ciri khasnya. Ya, patung hasil karya Wigan memang sangat superkecil bahkan untuk melihatnya saja harus menggunakan mikroskop. Karenanya, patung – patung karya Wigan ini selalu disebut microscopic sculpture.

Untuk membuat patung yang superkecil ini, Wigan membutuhkan peralatan khusus. Misalnya pisau yang bisa digunakan dokter untuk mengoperasi atau ia membuat pisau sendiri yang disesuikan dengan kebutuhannya.  Untuk mengecat patung, kadang – kadang beliau menggunakan sehelai rambut sebagai kuasnya. Bahan yang digunakan bisa bermacam – macam, misalnya seperti sebutir pasir, remah – remah, fiber, atau bahkan jarring laba – laba. Saat bekerja, Wigan harus melakukan meditasi dulu agar bisa mengontrol napas dan gerakan. Untuk bekerja, ia memerlukan napas dan gerakan yang halus.

Beberapa karya Wigan yang terkenal adalah tiruan patung David karya Michelangelo, Lloyd Building, keluarga Obama, Astronout Buzz Aldrin, dan trophy Piala Dunia. Kolektornya antara lain pangeran Charles, Mike Tyson, Elton John, dan Simon Cowell. Pada Juli 2007 lalu, Wilard Wigan dianugerahi gelar MBE oleh Ratu Elizabeth atas karyanya yang luar biasa ini. MBE singkatan dari The Most Excellent Order of the British Empire.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar