Senin, 26 Desember 2016

Fakta Menarik Seputar Otak

Dilihat dari ukurannya, otak manusia hanya meliputi 1 – 3 persen dari massa tubuhnya. Walaupun demikian, ia menggunakan sekitar 20 persen dari seluruh oksigen yang dihirup. Hal ini menunjukkan adanya “rahasia” otak yang tersembunyi dan menunggu kita menemukan jawabannya. Berikut ini sejumah fakta menarik tentang otak yang berhasil diidentifikasi oleh para ilmuwan.
  • Otak memerlukan pasokan oksigen yang terus – menerus. Setiap 10 menit kehilangan oksigen, biasanya akan menyebabkan kerusakan syaraf yang signifikan. Keadaan dingin dapat memperpanjang waktu ini. Itulah sebabnya mengapa air dingin telah menenggelamkan korban, sebagaimana Nuh dihidupkan kembali setelah 40 menit tanpa kerusakan otak.
  • Otak anda menggunakan seperlima dari seluruh darah anda, yang dibutuhkan untuk mengikuti tuntutan metabolik berat dari neuron. Tidak hanya glukosa, otak anda juga membutuhkan oksigen.
  • Otak anda tidak merasakan sakit. Tidak ada rasa sakit saraf yang berada di dalam otak itu sendiri. Oleh karena ini, dokter bedah syaraf otak dapat memperkirakan apa yang pasien rasakan ketika sadar (apa yang menyenangkan). Dengan melakukan ini, mereka dapat menggunakan umpan balik dari pasien untuk mengidentifikasi daerah – daerah penting, seperti yang digunakan untuk berbicara atau visualisasi.
  • Otak kecil dengan berat sekitar 150 gram (sedikit lebih dari lima ons). Otak ini ditemukan di sisi punggung bawah otak. Anda memerlukannya untuk mempertahankan sikap, berjalan, dan melakukan gerakan terkoordinasi apa pun. Selain itu, ia juga memainkan peran dalam indra penciuman.
  • Otak pada manusia, beratnya kira – kira sedikit lebih dari tiga pound atau 1,4 kilogram. Otak Albert Einstein mungkin lebih kecil dari otak anda karena ia lebih kecil dari rata – rata. Ada korelasi umum antara ukuran tubuh dan ukuran otak kita.
  • Otak gajah itu berukuran besar sekitar enam kali lebih besar daripada otak manusia. Namun, dalam kaitannya dengan ukuran tubuh, manusia memiliki otak terbesar dari semua binatang, rata – rata sekitar 2 persen dari berat badan. Otak seekor kucing beratnya sekitar satu ons, sedikit lebih 1 persen dari berat badan.
  • Ada sekitar 100.000 mil pembuluh darah di otak. Jika mereka mengulur (ada pikiran yang menyenangkan), mereka akan melingkari bumi lebih dari empat kali.
  • Otak manusia dialiri darah secara terus – menerus, yaitu sekitar 0,85 liter per menit.
  • Otak manusia dengan ukuran rata – rata memiliki sekitar 100 miliar sel syaraf yang disebut neuron.
  • Sekitar 85.000 neuron neokorteks hilang setiap hari dari otak manusia. Untungnya, ia pergi tanpa disadari karena adanya proses built-in redundancies.
  • Penelitian terbaru membuktikan bahwa otak manusia terus memproduksi neuron baru sepanjang hidup. Ini juga membuktikan bahwa ia melakukannya sebagai respons terhadap aneka rangsangan (semacam pelatihan atau banyak belajar). Para ilmuwan menyebutnya sebagai plastisitas otak atau syaraf plastisitas.


DAFTAR PUSTAKA
Azhar, Tauhid. 2012. Mengenal Allah:Alam, Sains, dan Teknologi. Solo : Tiga Serangkai

Discover Magazine.2008. The Brain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar