Senin, 26 Desember 2016

Semua Orang Bisa Jadi Wirausaha


Apa itu wirausaha?
Wirausaha adalah seseorang yang berani berusaha secara mandiri dengan cara mengerahkan segala sumber daya dan upaya untuk mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan  operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi lagi.

Mungkin di antara kalian ada yang pernah berpikir “Saya ingin sekali berwirausaha”, atau “Saya ingin memiliki bisnis seperti itu.” Namun, anda sering kali ragu untuk memulainya.

”Saya belum berpengalaman di dunia bisnis.” atau “mau bisnis apa ya? Bagaimana memulainya? Sanggupkah saya mengembangkan bisnis ini?” dan serangkaian pemikiran akan kekhawatiran yang kerap kali anda alami ketika berniat untuk berwirausaha. Oleh karena itu, perlu niat, tekad, dan kemauan yang kuat untuk melangkah ke dalam dunia wirausaha. Sekarang, kuatkan niat dan tekad tersebut menjadi tindakan yang terencana untuk satu tujuan, yaitu menjadi wirausahawan yang sukses!

Sebenarnya ketakutan – ketakutan tersebut adalah hal yang biasa. Karena suatu perubahan penuh dengan ketidakpastian, anda pasti akan mengalami ketakutan untuk memulai, khawatir untuk memulai serta sulit untuk memulai. Ini terjadi terutama bagi anda yang tidak terbiasa menerima tantangan. Untuk menyiasatinya, kita harus mampu mengubah mindset yang selama ini tercipta di kepala. Bagaimana caranya?

Ubah mindset anda bahwa tantangan menjadi wirausaha itu adalah hal yang menarik, tidak membosankan, dan memacu hormon adrenalin yang akan menambah semangat anda. Coba berpikir bahwa tantangan ini akan mengubah runitinas anda yang membosankan, dapat mengembangkan ide – ide cemerlang dan kreativitas yang terhambat serta mewujudkan impian untuk memiliki penghasilan yang lebih besar. Tentu saja, untuk mengubah mindset mungkin membutuhkan waktu dan proses, tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan, kecuali bagi mereka yang sudah terbentuk mindset sejak awal. Jika belum, dapat dimulai dengan perubahan sedikit demi sedikit.

Berikut ini langkah yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan jiwa dan pola pikir sebagai wirausaha yang tangguh agar berhasil mengembangkan usaha yang dirintis.
  • Memperluas pengetahuan. Kebingungan yang sering muncul sebelum memulai usaha adalah karena tidak memiliki wawasan tentang berbagai hal tentang dunia bisnis. Untuk memulai semua itu perluaslah cakrawala pengetahuan mengenai bisnis dengan belajar dari orang lain, mengikuti beberapa kursus, seminar atau membaca buku tentang kewirausahaan dan tokoh – tokohnya yang berhasil sehingga bisa menginspirasi dan memotivasi jiwa wirausaha.
  • Membangun networking. Selain pengetahuan, anda juga perlu membangun jaringan kerja dengan berbagai sektor yang akan berhubungan dengan bisnis yang anda akan tekuni.
  • Berpikir untuk memulai bisnis yang kecil dan sederhana. Tidak sedikit perusahaan yang berkembang dari bisnis yang kecil, lalu tumbuh menjadi besar. Usaha yang tumbuh dari kecil akan cukup mendapat tempaan selama perjalanan usahanya berhasil berkembang.
  • Kreatif dan inovatif. Ini prinsip penting yang harus dimiliki wirausaha. Anda harus kreatif dalam menemukan ide – ide baru yang tergarap atau sudah tergarap dengan inovasi. Setelah usaha berjalan pun, seorang wirausaha juga harus terus mengembangkan ide – ide kreatifnya untuk kemajuan usaha serta selalu melihat dan mencoba peluang – peluang baru.
  • Memiliki sikap positif. Yakinkan diri bahwa dengan membuka usaha, anda akan mampu memiliki penghasilan setiap hari dan bahkan lebih besar daripada sebelumnya. Lupakan kelemahan – kelemahan diri yang bisa menghalangi anda untuk memajukan bisnis. Jangan lupa untuk bersikap sabar, tidak pantang menyerah, terus belajar, dan selalu melihat permasalahan secara positif.
  • Sukses harus diperjuangkan dan penuh pengorbanan. Jatuh bangun dalam dunia bisnis itu biasa. Namun, sekali jatuh anda akan bangun dan menjadi lebih kuat. Anda mungkin akan mengalami kurang tidur, khawatir gagal, sakit kepala, dan menanggung resiko lainnya. Namun, setelah melewati semua itu, anda akan terbiasa. Pengusaha yang sukses ialah mereka yang mampu melewati beberapa kendala ketika mereka memulai bisnis dan mampu mengembangkan serta membesarkannya. Mereka adalah orang yang pantang menyerah, mampu bertahan, dan tetap semangat.

Pada akhirnya, semua orang bisa menjadi wirausaha selama anda memiliki niat yang kuat dan melihat peluang yang disekeliling anda karena peluang usaha ada di mana saja dan kapan saja. Inti dari seorang wirausaha yaitu “Ia selalu bisa melihat setiap peluang menjadi bisnis, sementara orang lain tidak.”

Jadi, mulai sekarang berpikirlah dan mulai merancang peluang – peluang usaha apa yang bisa anda tekuni dari pengalaman pendidikan, pengalaman kerja, lingkungan sosial bahkan  hobi anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar